Dalam dunia pemprograman banyak sekali bahasa pemprograman yang bisa kita pakai, salah satunya adalah bahasa pemprograman java. Naah pada artikel saya kali ini adalah belajar bahasa pemprograman java menggunakan Netbeans. 
Mungkin langsung saja untuk latihan pertama / Pengenalan adalah menampilkan data pribadi yang berupa text melalui netbeans, caranya sebagai berikut :

Pastikan PC anda sudah terinstall aplikasi netbeans, jika belum silahkan download netbeans nya melalui www.netbeans.org dan jika udah terinstall, silahkan buka netbeansnya kemudian klik File >> New Project, Pilih Java Application dan klik tombol Next.



Pada Project Name beri nama sesuai dengan keinginan Anda, Kemudian Project Location = media penyimpanan project yang nantinya dibuat. jika anda ingin merubahnya silahkan klik tombol Browse dan Jika di rasa cukup klik tombol Finish.



Sekarang tinggal membuat class java baru, caranya klik kanan pada project kamu >> New >> java Class, pada pilihan Class Name = isikan sesuai dengan keinginan kamu. misal : profileku kemudian klik tombol Finish.





sekarang Class baru sudah dibikin, langkah selanjutnya tinggal mengisinya dengan codingnya. copykan kode dibawah ini persis di bawah nama class kamu, disini saya contohkan di bawah public class profileku {

view plainprint?
public static void main(String[] args) {      
        System.out.println("NIM          : G.131.10.0049");
        System.out.println("Nama         : Mohammad Hasanaji");
        System.out.println("Alamat       : Jl. Kijang Selatan 3, no. 18");      
        System.out.println("Kota         : Semarang");
        System.out.println("Kode POS  : 50000");
        System.out.println("Telepon      : (024) 5503000");
        System.out.println("Handphone : 0856 4049 5699");
        System.out.println("Email        : hasanaji@gmail.com");
    }

Untuk menjalankan program klik mouse kanan >> Run, maka print outnya seperti gambar dibawah ini



Jika artikel ini bermafaat, jangan lupa untuk Follow blog ini ya !