1. Java DEvelopment Kit (JDK)
Java Development Kit merupakan perangkat lunak yang di gunakan untuk melakukan proses kompilasi dari kode java menjadi bytcode yang dapat di mengerti dan dapat dijalankan oleh java Runtime Environment.
Java DEvelopment Kit wajib di install pada komputer yang akan melakukan proses pembuatan aplikasi berbasis java. Namun Java DEvelopment Kit tidak wajib terinstall pada komputer yang akan menjalankan aplikasi yang dibagun menggunakan java.

2. Java Runtime Environment (JRE)
Java Runtime Environment merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dibangun menggunakan Java. Versi Java Runtime Environment harus sama atau lebih tinggi dari  Java Development Kit yang di gunakan untuk membangun aplikasi agar aplikasi dapat berjalan sesuai dengan yang di harapkan.

3. NetBeans IDE 
NetBeans IDE merupaka perangkat lunak yang digunakan untuk membangunperangkat lunak yang lain. NetBeans IDE dapat digunakan untuk membangun perangkat lunak berbasis Java Standart Edition, Java Enterprise Edition, Java Miro Edition, JavaFX, PHP, C/C++, Ruby, Groovy dan Python